Belajar Bahasa Dengan Simsalabim

Agustus 12, 2008

Belajar bahasa dengan cara kilat. Tidak perlu repot-repot kursus. Cukup segelas air dan menghafal doa.

Boleh jadi ini sekolah paling kilat sedunia. Murid tidak butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan, seperti kursus-kursus bahasa atau sekolah-sekolah yang lain. Singkat memang. Cukup tiga hari, bahkan dua jam, murid sudah mampu melafalkan enam sampai tujuh bahasa asing dengan ringan.

Memang lain dari yang lain. Saat belajar, murid tak perlu membawa sepatu, seragam, bulpen, buku, dan alat belajar lainnya. Apakah peralatannya sebegitu canggih? Tidak. Bahkan sangat sederhana: Cukup ada air dan gelas saja.

Sekolah elit? Bukan. Ini sekolah wirid. Siapapun bisa mendaftarkan diri. Bahkan biaya yang diperlukan jauh di bawah biaya sekolah atau kursus pada umumnya. Cukup hanya dengan Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000, murid sudah bisa mengikuti sekolah ini. Yang membedakan besar-kecilnya nominal biaya tersebut hanya soal waktu. Jika membayar Rp. 150.000, maka waktu yang dibutuhkan selama 3 hari. Seandainya membayar Rp. 200.000, maka perlu 2 hari. Kalau ingin sehari, bisa bayar Rp. 250.000. Dan lebih pendek lagi, hanya dua jam, bisa diganti dengan Rp. 300.000.

Empat tingkatan biaya di atas memang melahirkan perbedaan waktu, tapi tidak mempengaruhi kemampuan belajar murid. Waktu yang dimaksud adalah selang dari proses pertama (pemasukan bahasa) menuju ke proses kedua (penarikan bahasa) hingga murid bisa mengucapkannya. Pada proses-proses berikutnya lebih bergantung pada kemampuan pribadi murid.

Biaya-biaya tersebut bukanlah uang pangkal sekolah ataupun biaya pembangunan gedung, tapi istilahnya sebagai mahar. Fungsi mahar tersebut adalah sebagai cara untuk mengeluarkan bahasa asing yang sejatinya sudah ada dalam tiap diri manusia. “Karena ilmu bahasa itu memang sudah ada dari yang di atas (Allah). Sejak umur empat bulan dalam kandungan, ilmu sudah dikasih oleh Allah. Jadi setiap orang bisa mempelajari ini,” papar Kyai Kusnadi Soleh, guru sekolah bahasa kilat tersebut.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa pada diri manusia sebenarnya ada dua belas pintu. Dan di tiap pintu itu ada kuncinya. Salah satunya adalah kunci bahasa, yang tempatnya ada di sela-sela syariat. Tapi sayangnya, tak semua orang bisa mengetahuinya. Sehingga modal bahasa yang sudah ada dalam dirinya tak dimanfaatkan secara maksimal. “Ketepatan, saya bisa membuka kunci bahasa itu,” tambah Kyai yang sekarang genap berumur 38 tahun. Untuk membuka itu, tambahnya, butuh adanya mahar.

Tidak hanya cara dan sarananya saja yang berbeda, tapi pemahaman tentang wilayah tautan kebahasaan dalam diri manusia pun berbeda dengan pemahaman selama ini. Umumnya, persoalan bahasa selalu disandarkan pada otak manusia, karenanya metode pembelajarannya pun selalu diarahkan pada wilayah otak. Namun bagi Kyai Kusnadi Soleh, bahasa itu berangkat dari hati dulu. “Bahasa yang saya amalkan ini prosesnya dari hati dulu, baru dikeluarkan lewat otak,” jelasnya Kyia yang sekarang genap berumur 38 sewaktu ditemui Edukasi di kediamannya.

Untuk menguatkan argumentasinya, dia menegaskan bahwa bahasa itu wialayahnya di hati, bukan di otak. Kenapa? “Karena otak manusia tidak bisa bersih seperti hati. Kalau otak yang dibuat untuk menampung bahasa, maka otak pasti tidak akan bisa menampungnya” kuatnya.

Cara Unik, Peminat Tak Sedikit
Unik memang. Betapa tidak, dalam waktu hitungan jari saja, orang yang mulanya nol, disulap mampu berbahasa dengan cepat. Segera saja sekolah bahasa ini mendapat perhatian dari masyarakat umum, khususnya Jawa Timur. Selain prosesnya unik dan biayanya murah, kesadaran berbahasa (asing) masyarakat saat ini kian tinggi sejalan dengan tuntutan era globalisasi yang lintas batas. Dalam konteks demikian, bahasa tentu menjadi alat vital.

Di saat itu pula, Kyai Kusnadi Soleh, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Riyadhoh yang terletak di tepi barat desa Alastengah, Paiton, Probolinggo, mampu menjawab kebutuhan kebutuhan tersebut. “ Tujuan saya mempelajari ilmu bahasa ini adalah untuk mengantisipasi masa global ini. Dan menunjukan bahwa bangsa Indonesia ini tidak bodoh,” jelas Kyai kelahiran Njambung, Paiton, Probolinggo ini.

Cara unik itu tercium dimana-mana. Buktinya, tamu yang datang tidak hanya dari Jawa Timur. Yang dari luar Jawa pun tergoda untuk singgah. Buku tamu yang disediakan khusus untuk yang berkeinginan belajar bahasa pun di situ kini sudah tidak muat lagi. Sampai hari Jum’at, 27 Oktober 2001 kemarin, yang tercatat dalam buku sebanyak 777 murid. Padahal pencatatan itu baru dimulai sejak tahun 1998. Sedangkan pembalajaran bahasa dimulai sejak tahun 1995.

Tak heran jika akhir-akhir ini pondok yang mulanya hanya sebuah padepokan, mulai dibanjiri orang. Mereka berbondong-bondong dengan maksud yang berbeda-beda. Ada yang murni ingin mempelajari bahasa, ada pula yang ingin mendalami ilmu agama, bahkan ada yang datang dengan keperluan berobat. Di sela-sela ramainya para santri mengaji, kediaman Kyai Soleh tak pernah sepi dari tamu yang datang silih berganti.

Lalu dari mana Kyai Soleh bisa berbahasa asing? Menurut pengakuannya, dirinya dapat menguasai bahasa asing berkat Nabi Hidhlir AS, yang dia sebut sebagai gurunya. “Untuk menemui Nabi Hidhlir AS, saya melakukan tirakat, dengan jalan merendam tubuh di laut tiap malam hari dari pukul 22.00 sampai 04.00 pagi,” cerita Kyai yang sekarang mencapai tingkat kesempurnaan dalam mempelajari bahasa tumbuhan.

Semua pelajaran yang dia dapat dari nabi Hidhlir AS ditularkan pada santri-sanrinya, baik laki-laki maupun perempuan, yang saat ini berjumlah 300 lebih santri. Setiap hari, siang dan malam, para santri digenjot untuk mempelajari bahasa asing. Hasilnya pun tak sia-sia. Hampir semua santri, bahkan yang masih berumur di bawah sepuluh tahun, mampu berbahasa asing dengan lancar. Maka jangan heran jika Anda masuk ke lingkungan Pondok Pesantren Nurul Riyadhoh akan menjumpai percakapan dengan menggunakan basa asing antar santri.

Proses Pemasukan Bahasa
Malam itu, saat jarum jam menunjukkan pukul 23.12 malam, di salah satu ruangan Pondok Pesantren Nurul Riyadlah, terlihat 2 orang tengah duduk bersila berhadap-hadapan. Mereka adalah Kyai Kusnadi Sholeh dan seorang laki-laki (sebut saja Si Murid) yang ingin belajar bahasa asing di sana. Keduanya tengah bercakap-cakap.

Tak lama kemudian, dari pintu belakang muncul laki-laki setengah dewasa sambil membawa gelas yang berisi air putih. Dengan berlahan-lahan Sugeng, nama lelaki itu, menaruh gelas tepat di depan Kyai Soleh. Beberapa detik kemudian, Kyai Sholeh mengangkat gelas tepat di depan mulutnya. Sambil menundukan kepala, bibirnya pun tampak mulai bergerak-gerak membaca doa. Saat itu juga, suasana ruangan yang diterangi cahaya remang-remang menjadi sunyi senyap. Setelah selesai, ia memberikan minuman itu kepada Si Murid. “Silahkan diminum,” perintah Kyai Soleh. Si Murid kemudian meneguknya sembari membaca basmalah tujuh kali atas petunjuk Kyai Sholeh. Bersamaan dengan terteguknya air ijazah tersebut, khodam malaikat yang dipanggil Kyai Soleh masuk ke dalam tubuh Si Murid.

Proses minum pun usai. Kini, Kyia Soleh memberikan selembar kertas pada muridnya. Dalam kertas tersebut terlihat tulisan dalam bentuk pego (huruf Arab tanpa harakat, tapi bahasa Jawa). Tulisan itu tak lain adalah wirid atau amalan untuk membantu minuman yang diteguk sebelumnya dalam memanggil bahasa asing.
Wiridan atau amalan ini harus dibaca terus-menerus sesudah Si Murid meminum air putih yang sudah dilambari doa oleh Kyia Soleh. Lama-singkatnya wiridan ini tidak sama, disesuaikan dengan jumlah mahar yang dibayar dengan perincian waktu sebagaiman telah dipaparkan di atas.

Untuk menunggu tahapan kedua, Si Murid harus memperbanyak amalan wirid –utamanya setelah shalat lima waktu. Tahapan kedua ini dinamakan proses penarikan bahasa. Jika dalam tahap pertama didatangkan malaikat untuk membantu memasukan bahasa, maka dalam tahap ini, khodam malaikat akan dikeluarkan. Kok dikeluarkan? Apakah bahasanya tidak hilang? Tidak. Manurut Kyai Soleh dalam tubuh manusia ada malaikat. Maka ketika khodam malaikat ditarik keluar, ia menyambungkan bahasa yang sudah masuk pada tubuh Si Murid ke temannya (malaikat yang memang asalnya dari dalam diri murid). “Sehingga bahasa itu menjadi alami,” terangnya.

Bagaimana cara menariknya? Setelah wirid tiga hari dilumat, murid dengan harap cemas menantikan malam turun. Sebab penarikan bahasa biasanya dilakukan ba’da maghrib. Usai shalat maghrib, Ahmad, salah satu santri senior Kyai Soleh, mengajak Si Murid menuju lapangan depan pondok yang dilingakari pohon bambu. Si Murid berjongkok menghadap barat, sementara Ahmad menghadap ke arah yang berlawanan. Sejenak, Ahmad memejamkan mata, dan bibirnya mulai bergerak-gerak membaca doa “penarik bahasa”. Suasana sesaat menjadi hening. Dinginnya angin malam mulai menyapa tubuh keduanya. Dengan wajah tegang, Si Murid menanti Ahmad membuka matanya. Tak lama kemudian, mata Ahmad pun terbuka kemudian berkata,” Tirukan kata-kataku”. Si Murid pun menirukan segala yang diucapkan Ahmad. Seusai ditirukan, ia menyuruh Si Murid mengeluarkan bahasanya. Namun Si Murid tampak kesulitan; bibirnya bergerak kaku, tapi tak mampu mengeluarkan bahasa asing.

Karena gagal, proses pun diulang. Lantas Ahmad berkata,” Keluarkan saja kata hatimu, jangan dipikir. Jika dipikir tak bisa keluar”. Kali ini tak sia-sia. Dari bibir Si Murid keluar beberapa bahasa asing: ada Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, China, Jepang, India dan lainnya. Tapi bahasa yang dikeluarkan tidak sistematis, masih amburadul dan campur-bawur. Dalam satu kalimat yang dilafalkan, bisa tersusun dari berbagai bahasa; bisa Inggris dengan China, bisa India dengan Jepang, dan seterusnya.

Anehnya, yang keluar pertama dari mulut Si Murid bukanlah bahasa asing kotemporer yang dipakai saat ini. Lalu bahasa apa? Ahmad menyebutnya bahasa Begawan–bahasa zaman dulu, bahasa masa lalu, bisa jadi bahasa zaman purbakala. Jadi, jangan kaget ketika Anda berbicara dengan turis dan bahasa yang Anda pakai adalah Begawan, maka Anda akan ditertawai. Kenapa? Sebab Si Turis, yang meskipun dari Inggris misalnya, tidak akan mengerti bahasa Inggris zaman dulu. Seperti yang pernah dialami oleh Syaripuddin, murid Kyai Soleh asal Lampung. Ketika mencoba kemampuan bahasanya dengan turis di Bali, ia ditertawakan. “Ketika saya nanyai turis, saya diketawain. Malah dia balik Tanya kepadaku, bahasa apa yang kamu gunakan?” kenangnya.

Karena bahasa yang keluar masih bertumpuk-tumpuk, maka tahapan selanjutnya adalah “pemisahan bahasa”. Waktu yang ditentukan dalam tahap ini biasanya tiga hari. Dan murid kembali diberi wiridan khusus untuk memisahkan bahasa yang campur-aduk tersebut. Jika sudah mencapai tiga hari, murid harus laporan pada Kyai. Bisa datang langsung ke pondoknya atau lewat telepon. Setelah bahasa terpisah, murid diberi waktu dua bulan untuk melancarkan bahasanya.

Setelah dua bulan dilalui, tibalah tahap terakhir, yaitu tahap “pemahaman”. Di sini murid mulai dikenalkan pada arti kata per kata yang keluar dari mulut murid. Sebab, sebelumnya murid baru bisa berbicara, tapi tidak mengenal artinya. Dan, tahap ini biasanya diikuti dengan latihan menulis.

Setelah melalui tahapan-tahapan di atas, apakah murid dijamin bisa berbahasa asing dengan sempurna? Belum tentu. Sebab, yang menentukan keberhasilan adalah keyakinan dan semangatnya. “Saya melalui malaikat hanya membantu mempercepat bahasanya. Berhasil atau tidak, ditentuka oleh dia sendiri. Apakah ia mau bener-benar berusaha atau tidak? Jika yakin dan semangat, Insyaallah akan berhasil,” tegas Kyai yang saat ini dianugerahi 3 anak.

Cara magic memang tak lazim digunakan selama ini. Dan mungkin rasio tak menerimanya. Tapi kenyataannya banyak orang yang meminati, utamanya kalangan mahasiswa, bahkan dosen. Dari sekian banyak yang belajar bahasa di sana, ada yang berhasil dan tak jarang pula yang gagal.

Ingin berhasil? Modal utamanya sebagaimana yang dipesankan Kyia Soleh adalah harus yakin, banyak wirid, dan yang terpenting adalah berusaha mencari media berkomunikasi untuk menguji bahasa.[]

TABEL PROSES MAGIC BELAJAR BAHASA

ASE AWAL: PEMASUKAN BAHASA

Fase ini dilakukan dengan cara: Murid meminum air yang sudah diijizahi oleh Kyai. Air ini berfungsi sebagai medium perantara bagi masuknya khadam malaikat, untuk membantu memasukan bahasa-bahasa asing.

Selain air, murid juga diberi wirid, yang biasanya disebut amalan sebagai penopang kerja malaikat. Wirid ini dilakukan selama tiga hari. Selama itu,murid dianjurkan untuk mengamalkan sebanyak mungkin, utamanya setelah shalat lima waktu.

FASE KEDUA: PENARIKAN BAHASA

Setelah melakukan wirid selama tiga hari, bahasa yang telah masuk ditarik keluar. Setelah itu, murid bisa langsung berbicara bahasa asing. Yang dikeluarkan bisa enam sampai tujuh bahasa. Dan itu pun masih campur bawur, tidak sistematis. Misalnya, dalam melafalkan satu kalimat, bisa terdiri dari bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Cina, Jepang, India dan lain-lain.

Bersamaan dengan keluarnya bahasa, keluar pula malaikat yang masuk dalam diri Si Murid. Tidak sekedar keluar, ia menyambungkan perannya kepada temannya (malaikat) yang memang sudah ada dalam diri tiap manusia.

FASE KETIGA: PEMISAHAN BAHASA

Karena bahasa yang diucapkan masih tumpang tindih, maka proses selanjutya adalah pemisahan bahasa. Tidak jauh berbeda dengan fase awal, fase ketiga ini juga diberi wirid yang disebut: ”wirid pemisah bahasa”. Dan waktu yang dibutuhkan adalah tiga hari.

Setelah tiga hari, murid harus laporan ke Kyai. Sebagai bukti bahwa selama tiga hari wirid sudah diselesaikan dengan baik. Karena Kyailah yang membantu untuk memisahkan bahasa itu. Untuk menemui Kyai, murid bisa langsung datang ke rumahnya atau lewat telepon.

FASE KEEMPAT: PEMAHAMAN ARTI

Dua bulan setelah dipisahnya bahasa asing itu, murid baru akan mengerti arti bahasa yang diucapkan. Karena sebelum itu, mulai fase awal sampai ketiga murid belum paham dengan bahasa yang diucapkan. Artinya, murid hanya mampu berbicara, tapi tak bisa memahaminya.

Sebelum dua bulan, murid bisa mempercepat dan memperkaya bahasanya dengan bantuan buku-buku asing, radio, televisi, radio, tape, CD, atau media lainnya. Artinya, waktu dua bulan ini digunakan untuk memperlancar bahasanya. Inipun masih disertai wirid.

Di samping murid berusaha untuk memahami artinya, ia juga mulai berusaha untuk latihan menulis.

Tulisan ini pernah dimuat di Majalah EDUKASI Edisi 32 Januari 2001

55 Responses to “Belajar Bahasa Dengan Simsalabim”

  1. Adhie Says:

    Mohon Alamat untuk bapak kyai kusnadi soleh

  2. Adhie Says:

    where is address for kyai kusnadi soleh

  3. yohan Says:

    Mohon alamat dan telp Kyai Kusnadi

  4. kodim Says:

    buat mas Adhie n mas Yohan….
    sebelumnya mohon maaf baru sempet balas krn kemarin banyak agenda di luar kota.

    no tlp Kiai Kusnadi: 0335772341
    tapi mohon dicheck dulu, karena saya pribadi sudah lama tidak kontak beliau.

    kalau Anda hendak ke sana, dari mana pun keberangkatannya, turun di perempatan Paiton (PP Nurul Jadid), lalu naik ojek ke Alas Tengah (Kiai Kusnadi Soleh). bilang aja sama tukang ojeknya, sudah tahu semua kok.

  5. oeng Says:

    minta alamatnya gus sholeh soale saya dah 3 tahun cari alamat ii. n saya pingin belajar ilmu bahasa wirid ma gus sholeh. secepatnya kirim ke email saya ya… makasih banyak atas informasisya

  6. tjatur wahyu a Says:

    hebat aku pengen tau juga alamat lengkap kyai itu eh tu bisa tuk non muslim g


  7. assalamualaikum.maaf saya mau tanya…apakah di pondok tersebut menerima belajar hafal alquran dengan cara ilmu laduni dalam waktu 2/3 hari bisa hafal dan lancar.dan bagaimana syarat pendaftaran tlg kasih alamat atau nomer telp/hp via emai saya. terima kasih. saya akan segara hub

  8. adhie Says:

    maaf saya sudah coba hub no. tersebut tapi tdak dapat dihub, itu di daerah mana tepatnya, surabaya, malang atau mana gitu, no hp saya.
    085711500009
    081911600009
    mohon infonya yah saya tunggu thx

  9. adhie Says:

    maaf saya sudah coba hub no. tersebut tapi tdak dapat dihub, itu di daerah mana tepatnya, surabaya, malang atau mana gitu, no hp saya.
    085711500009
    081911600009
    mohon infonya yah saya tunggu thx

  10. Adhie Says:

    mas kodim, saya udah nyoba hub no tersbut, tpi gak bsa, mnta tlg alamat jelasnya itu di daerah mana, surabaya, malang atau dimana gitu, atau tlg sms ke no. saya
    085711500009
    saya tggu infonya, trima kasih

  11. Hadi Says:

    Ass. Saya rencana awal bulan july mau ke PP Nuru Riyadhoh. Kalo ada yang berminat bareng ingin ke PonDok pesantren Hub saya Aja Ke No.0878-83499014 (Hadi)

  12. murid KH.khusnadi soleh Says:

    kalo mau lihat diskusinya tentang ilmu laduni yang diajarkan K.H KUSNADI SALEH, bisa baca2 disini:

    http://www.jatipedia.com/proses-menguasai-bahasa-asing-menggunakan-ilmu-laduni.html

    alamat, pengalaman, rute jalan dll mengenai ilmunya kusnadi saleh dibahas disitu

  13. Riduan banjar Says:

    Untuk tahun 2010 ne apakah ada perubahan mahar…mohon pencerahan ,soalx baru nemu sekarang dan saya tertarik…tq sbelumx

  14. Fitri Says:

    Ass. Wr.Wb…
    Mas trima kasih atas informasinya, saya sngt tertarik. Saya bs minta alamat lengkapnya??
    Tlong informasikan k no saya :
    021-98330092
    081311555991
    Saya tggu informasinya ‎​‎​Ƴªª mas..

    Makasih..
    Wassalam..

  15. Abdul Ghofur Asyiam Says:

    Untuk tahun 2010 ne apakah ada perubahan mahar, berapa?? dan saya minta alamatnya soalnya saya ingin belajar ama Pak Kiai.

    Tolong kasih tau saya atau hub ke email: belajar158@hotmail.com

    Thank

  16. dwi Says:

    Assalamualaikum W.W
    MAS KODIM, apabila sy dari terminal bungur asih-surabaya akan ke-PP Nuru Riyadho naik kendaran umum jurusan mana? terimakasih sebelumnya atas info yang diberikan,

    Wassalamualaikum W.W

  17. muizzuddin Says:

    aku mw bgt………..

  18. ahmad Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb
    mas saya minta alamat dan no.tlponnya K.kusnaedi soleh dunk,saya berminat..
    tolong infonya ke no. saya
    082127187891
    saya tunggu infonya,
    wasalam..

  19. jance wacanno Says:

    selamat pagi pak!
    saya ingin bertanya; apakah metoda pembelajaran yg ada disini boleh diikuti oleh siapa saja? artinya, apa boleh diikuti oleh siapa saja dengan yg berkeyakinan selain non muslim?
    dan apabila diperbolehkan, bagai mana saya bisa dan dengan siapa saya dapat berkonsultasi.

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  20. Heroe Noegroho Says:

    Ass. wr. wb.

    Mas minta tolong alamat lengkat pondok pesantren tersebut termasuk telepon yang dapat dihubungi, terima kasih.

    Salam
    Heroe Noegroho
    08129908505

  21. Akbar Bayu Raharjo Says:

    tolong dong kasih tau alamat lengkapnya, mohon bantuannya dengan sangat….

    Untuk Saat ini Belum ada perubahan kan tentang praktek di Ponpesnya???wassalam….

  22. Sohib Maftuhin Says:

    Asm,,
    Mas Tolong informasikan, saya sangat tertarik tentang belajar ilmu Laduni, saya cari info tentang No Telp dan Alamat baru dapat tapi saya hubungi susah diantaranya 0335772446 dan 0335772341 kemudian No GSM (An)Ustad Bahrun 085233369270 apakah semuanya aktif dan benar. Mohon informasikan untuk Mahar Masing-masing sekarang nyampe berapa berapa karena saya cari info di google selalu berbeda-beda.

  23. Sohib maftuhin Says:

    Assalamu’alaiku wr.wb

    Pak. mohon informasi tetang Belajar Bahasa dengan metode Ilmu Laduni, dan mohon informasikan tetang biaya atau Mahar yang terbaru sekarang dan juga No. Telp kantor yang mudah di hubungi. No. Kontak saya {0812266939300 dan 085726082603}.
    Terimakasih
    Wassalam

  24. achmad zaeful bakri Says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Setelah membaca beberapa media untuk belajar berbahasa asing dengan cepat melalui ilmu laduni, maka saya mencari informasi melalui internet dan tercantum bahwa pondok pesantren Nurul Riyadhoh bisa membantu saya untuk bisa berbahasa asing tersebut. Sekedar diketahui saya adalah seorang karyawan swasta yang mana diperusahaan kami diwajibkan bisa berbahasa inggris.OLeh sebab itu mohon bantuan pak Kyai untuk membantu saya dalam menyelesaikan masalah tersebut. Syarat-syarat apa saja yang saya harus penuhi dalam melakukan belajar berbahasa asing tersebut.Terutama maharnya. Perlu diketahui juga saya bisanya mondoknya sewaktu liburan minimal 3 hari.apakah dengan keadaan tersebut di atas saya bisa diijinkan mondok ke pak kyai.sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    wassallam

  25. achmad zaeful bakri Says:

    email saya Achmad_zb@yahoo.com

  26. Boban Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    pak klo via telphone bisa ato ga??
    cz sy diluar pulau jawa.
    klo boleh tau,,brp no telponx K.H KUSNADI SALEH?

    tolong d’mail ke email sy => bobanbgt@gmail.com

    Terima kasih.

    Wasalam.

  27. bams Says:

    Pondok Pesantren Nurur Riyadlah
    Alamat Jl. Pakuniran Desa Alas Tengah Timur – Kecamatan Paiton – Probolinggo – Jawa Timur.
    Atau anda bisa menghubungi ponpes nurur riyadlah di nomor telp
    1. Ponpes Nurur riyadhoh : 0335-772446
    2. Ustad Hamim : 08523622491 ( adiknya Gus Sholeh )
    3. Ustad Bahrul : 085233369270
    4. Ustad Nanang : 085233350476
    5. Ustad Mamat : 081358561036
    6. Ustad Nurul : 08523699927
    7. Mas Zein : 085236698133

    Pertama yang kita butuhkan adalah suatu keyakinan dalam hati kalau metode ini merupakan salah satu proses agar lebih mudah dalam belajar menguasai bahasa asing, karena kita semua juga tahu kalau keyakinan adalah modal utama dalam menjalani sesuatu.

    Setelah anda mempunyai modal keyakinan tersebut anda akan melalui beberapa proses yang akan dibantu oleh KH. Khusnadi Sholeh atau yang akrab dengan nama Gus Sholeh, tetapi sebelum itu calon peserta akan ditanya terlebih dahulu metode laduni seperti apa yang diinginkan, karena laduni sendiri mempunyai beberapa teknik yang berbeda dalam proses dan juga mahar atau biayanya, berikut ini adalah beberapa mahar dan proses yang membedakannya :

    * Mahar Sesuka Hati
    Mahar ini bisa anda pilih jika hati dan kemauan anda sangat keras untuk bisa menguasai bahasa asing dengan tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan nantinya, tetapi disamping itu peserta diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 41 hari lalu proses selanjutnya akan dibantu oleh Gus Sholeh sendiri, untuk proses ini anda tidak akan melalui proses dimandikan, jika peserta menggunakan mahar ini proses penguasaan bahasa asing membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan.
    * Mahar Laduni Satu
    Mahar ini dibayarkan oleh peserta sebesar Rp.650.000,- lalu dimana perbedaannya? jika peserta memilih untuk menggunakan mahar ini akan menjalani proses diantaranya dibukanya aura mata batin agar lebih mudah untuk memahami bahasa asing, pada prosesnya peserta akan dituntun agar lidahnya terbiasa menggunakan suatu bahasa asing yang diinginkannya dengan diiringi doa doa tertentu, pada ahir proses ini anda akan merasakan perbedaan karena peserta akan merasa mual dan ingin muntah hanya dengan mencoba berbicara menggunakan bahasa yang diinginkannya.
    Tetapi jangan takut, karena rasa ingin muntah hanya sekali saja dirasakan. Untuk proses ini perserta tidak akan dimandikan dan bisa menguasai bahasa yang diinginkannya dalam waktu kurang lebih 2-3 bulan.
    * Mahar Laduni Dua
    Mahar ini dibayarkan oleh peserta sebesar Rp.950.000,- perbedaannya adalah dalam proses dan waktu penguasaannya, jika peserta menggunakan mahar ini proses yang dilakukan untuk mahar laduni satu tidak akan digunakan, tetapi lebih terasa ringan atau bahkan tidak terasa prosesnya oleh peserta, setelah dibuka mata batin peserta akan dimandikan oleh Gus Sholeh dengan diiringi doa agar doa penutup laduni tidak digunakan, hasilnya juga akan memudahkan peserta dalam proses belajar nantinya, untuk mahar laduni dua peserta bisa menguasai bahasa asing dalam waktu kurang lebih 1 bulan.
    * Mahar Ilmu Laduni
    Ini adalah pilihan mahar terahir yang bisa digunakan, mahar ini dibayarkan oleh peserta sebesar Rp.1.500.000,- untuk prosesnya penguasaan bahasa yang diinginkan tentunya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan mahar lainnya

    dengan sekali mahar peserta bebas memilih 2 bahasa sekaligus sewaktu prosesnya, tetapi peserta memungkinkan juga untuk mempelajari 12 bahasa, antara lain :
    Bahasa Inggris.
    Bahasa China.
    Bahasa Thailand.
    Bahasa Jepang.
    Bahasa Perancis.
    Bahasa Jerman.
    Bahasa Netherlands.
    Bahasa Rusia.
    Bahasa Portugis.
    Bahasa Italia.
    Bahasa Spanyol.
    Bahasa Vietnam.


  28. mohon bantaun alamat lengkap nya mas?
    bisa di kirim kan ke email saya kita.level1@yahoo.com

    Salam

    • kodim Says:

      Pondok Pesantren Nurur Riyadlah
      Alamat Jl. Pakuniran Desa Alas Tengah Timur – Kecamatan Paiton – Probolinggo – Jawa Timur.
      Atau anda bisa menghubungi ponpes nurur riyadlah di nomor telp
      1. Ponpes Nurur riyadhoh : 0335-772446
      2. Ustad Hamim : 08523622491 ( adiknya Gus Sholeh )
      3. Ustad Bahrul : 085233369270
      4. Ustad Nanang : 085233350476
      5. Ustad Mamat : 081358561036
      6. Ustad Nurul : 08523699927
      7. Mas Zein : 085236698133

      Pertama yang kita butuhkan adalah suatu keyakinan dalam hati kalau metode ini merupakan salah satu proses agar lebih mudah dalam belajar menguasai bahasa asing, karena kita semua juga tahu kalau keyakinan adalah modal utama dalam menjalani sesuatu.

      Setelah anda mempunyai modal keyakinan tersebut anda akan melalui beberapa proses yang akan dibantu oleh KH. Khusnadi Sholeh atau yang akrab dengan nama Gus Sholeh, tetapi sebelum itu calon peserta akan ditanya terlebih dahulu metode laduni seperti apa yang diinginkan, karena laduni sendiri mempunyai beberapa teknik yang berbeda dalam proses dan juga mahar atau biayanya, berikut ini adalah beberapa mahar dan proses yang membedakannya :

      * Mahar Sesuka Hati
      Mahar ini bisa anda pilih jika hati dan kemauan anda sangat keras untuk bisa menguasai bahasa asing dengan tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan nantinya, tetapi disamping itu peserta diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 41 hari lalu proses selanjutnya akan dibantu oleh Gus Sholeh sendiri, untuk proses ini anda tidak akan melalui proses dimandikan, jika peserta menggunakan mahar ini proses penguasaan bahasa asing membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan.
      * Mahar Laduni Satu
      Mahar ini dibayarkan oleh peserta sebesar Rp.650.000,- lalu dimana perbedaannya? jika peserta memilih untuk menggunakan mahar ini akan menjalani proses diantaranya dibukanya aura mata batin agar lebih mudah untuk memahami bahasa asing, pada prosesnya peserta akan dituntun agar lidahnya terbiasa menggunakan suatu bahasa asing yang diinginkannya dengan diiringi doa doa tertentu, pada ahir proses ini anda akan merasakan perbedaan karena peserta akan merasa mual dan ingin muntah hanya dengan mencoba berbicara menggunakan bahasa yang diinginkannya.
      Tetapi jangan takut, karena rasa ingin muntah hanya sekali saja dirasakan. Untuk proses ini perserta tidak akan dimandikan dan bisa menguasai bahasa yang diinginkannya dalam waktu kurang lebih 2-3 bulan.
      * Mahar Laduni Dua
      Mahar ini dibayarkan oleh peserta sebesar Rp.950.000,- perbedaannya adalah dalam proses dan waktu penguasaannya, jika peserta menggunakan mahar ini proses yang dilakukan untuk mahar laduni satu tidak akan digunakan, tetapi lebih terasa ringan atau bahkan tidak terasa prosesnya oleh peserta, setelah dibuka mata batin peserta akan dimandikan oleh Gus Sholeh dengan diiringi doa agar doa penutup laduni tidak digunakan, hasilnya juga akan memudahkan peserta dalam proses belajar nantinya, untuk mahar laduni dua peserta bisa menguasai bahasa asing dalam waktu kurang lebih 1 bulan.
      * Mahar Ilmu Laduni
      Ini adalah pilihan mahar terahir yang bisa digunakan, mahar ini dibayarkan oleh peserta sebesar Rp.1.500.000,- untuk prosesnya penguasaan bahasa yang diinginkan tentunya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan mahar lainnya

      dengan sekali mahar peserta bebas memilih 2 bahasa sekaligus sewaktu prosesnya, tetapi peserta memungkinkan juga untuk mempelajari 12 bahasa, antara lain :
      Bahasa Inggris.
      Bahasa China.
      Bahasa Thailand.
      Bahasa Jepang.
      Bahasa Perancis.
      Bahasa Jerman.
      Bahasa Netherlands.
      Bahasa Rusia.
      Bahasa Portugis.
      Bahasa Italia.
      Bahasa Spanyol.
      Bahasa Vietnam.

  29. Heryanto AR Says:

    Sahabat Ikhwan YTH,
    Mohon dong kasih contact person Pak Ustad Kusnadi Soleh karena saya ingin sekali belajar ttg bahasa termasuk ilmu agama.
    silahkan contact saya: 0813-66320388
    terima kasih bantuannya.
    Salam,
    Hryanto AR.

  30. NANDI Says:

    ass,, maaf boleh tahu no telp pesantren itu ga???

  31. NANDI Says:

    ass, maaf boleh tau no telp pesantren nurur riyadlah ga??? ni email saya ” Nandi_gos@yahoo.com

  32. Ria Says:

    Mas,
    Aku ingin skali berbahasa inggris dgn cepat, aku mohon bantuannya di kirimkan alamat dan no tlp yg bisa aku hubungi.
    Oh iya, gimana kalau kita yang beragama non muslim?
    Terima kasih dan aku tgg balas emailnya.

    Wassalam,
    Ria

  33. Ria Says:

    Mas,Aku ingin skali berbahasa inggris dgn cepat, aku mohon bantuannya di kirimkan alamat dan no tlp yg bisa aku hubungi.
    Oh iya, gimana kalau kita yang beragama non muslim?
    Terima kasih dan aku tgg balas emailnya.

    Wassalam,
    Ria

  34. Ria Says:

    Mas, aku sangat tertarik dgn berbahasa inggris dgn cepat.Mohon aku minta alamat dan no tlp/hp agar aku bisa hubungi di pesantren tsb.
    Aku tunggu balasanya.

    Terima kasih

    Wassalam,

  35. indah wahyuni Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bpk mohon infonya untuk alamat yang legkap juga maharnya.
    Insya allah awal bulan depan saya akan berangkat kesana.Mohon dengan sangat bpk, saya benar” ingin belajar. Mohon diblz bpk. Email : indahwahyuni1104. NO.Tlp saya 058648110626

    Terima kasih
    Wasalamualaikum Wr.Wb

  36. ma'sum Says:

    Ass. Wr.Wb…
    Mas trima kasih atas informasinya, saya sngt tertarik. Saya bs minta alamat lengkapnya??

    saya tunggu infonya,
    wasalam..
    Balas

  37. ma'sum Says:

    Ass. Wr.Wb…
    Mas trima kasih atas informasinya, saya sngt tertarik. Saya bs minta alamat lengkapnya??

    saya tunggu infonya,
    di Email saya: aku_orangjelek@yahoo.com

    wasalam..

    Balas

  38. awan Says:

    aslm. apakah saat ini maharnya sudah berubah, jika sudah berubah mohon info ya. terima kasih,.

    bisa kirim ke email : kurniawan.triwidya.arief@gmail.com

  39. antoni Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Saya sangat tertarik untuk mempelajari bahasa asing ditempat tersebut, mohon alamat lengkap dan nomor yang bisa dihubungi. email saya : antonirovers@ymail.com

    terima kasih
    Wasalamualaikum Wr.Wb

  40. santoro Says:

    Assalamualaikum Wr. wb
    Saya sangat tertarik ponpes Nurur Riyadhoh dengan program bahasa Dunianya saya sekali bisa bahasa ingris dan insa allah secepatnya saya ingin datang,tetapi persyaratan apa aja ya dan yang harus di bawa bekalnya apa aja,tolong info ke :torosantoro@ymail.com

  41. darno Says:

    maaf buat nambah wawasan saja di jawa barat pun ada orang mempunyai kemampuan seperti Gus Sholeh kalau gak salah daerah tasikmalaya, info ini saya baca di majalah berbahasa sunda

  42. agie Says:

    Mohon diperhatikan bpk2/ibu2 mas2 mbak2 komentar2 Ɣğ ada, sy rasa sudah cukup jelas mengenai alamat, no.tlf, dan mahar.. Trimakasih

  43. joko Says:

    assalamu’alaikum….
    klow skrg th 2012,,maharnya jd brp mas….mohon infonya…..

  44. Sohib Maftuh Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bpk, apakah untuk Ilmu Laduni hnya untuk khusus Bahasa asing saja, bagaimana dg misal untuk Pemahaman Tafsir atau kitab-kitab lainnya.
    hou_van168@yahoo.co.id
    maftuh168@gmai.com

    Terimakasih
    Wasalamualaikum Wr.Wb

    Balas

  45. Sohib Maftuh Says:

    Sohib Maftuh Says:
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Juni 17, 2012 at 4:21 am

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bpk, apakah untuk Ilmu Laduni hnya untuk khusus Bahasa asing saja, bagaimana dg misal untuk Pemahaman Tafsir atau kitab-kitab lainnya.
    hou_van168@yahoo.co.id
    maftuh168@gmai.com

    Terimakasih
    Wasalamualaikum Wr.Wb

  46. Sohib Maftuh Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bpk, apakah untuk Ilmu Laduni hnya untuk khusus Bahasa asing saja, bagaimana dg misal untuk Pemahaman Tafsir atau kitab-kitab lainnya.
    hou_van168@yahoo.co.id
    maftuh168@gmai.com

  47. adi Says:

    pak tlong ksih alamat lengkap dan nomer telfon kyai kusnadi sholeh yang bisa d hubungi skian trimakasih

  48. maksum sag Says:

    Assalamualaikum wr wb. pa kiyai kusnadi sholeh sy amat tertarik tapi dimana alamatnya lengkapnya insyaAllah saya kesana ini no hp saya 085697255199
    trimakasih
    wassalamualaikum
    maksum, sag

  49. ade lah priya tampan Says:

    assalamualaikum wr ww,saya sangat tertarik dengan saya sudah menyimpan alamat dan nomor hp ponper nurur riyadlah ..insya allah hari rabu 3-10-2012saya akan kejawa timur tepatnya ke probolinggo,seberapa jauh dari terminal bus probolinggo?
    ini nohp saya 081918801952
    terima kasih
    wassalamualaikum wr ww
    ade wijaya
    palembang indonesia

  50. benk2 Says:

    jaminanya apa mas,krn sy mungkin sdh cukup ambil ilmu2 di jawa,tp kok gak ada buktinya sampai skrg,uang habis tp hasil gak ada. malahan ada salah satu perkumpulan supranatural yg terkenal di jawa timur sy ikut programnya tetapi gak ada hasilnya, dan sy minta uang sy kembali malah jawabanya banyak yg munafik, hanya Allah s.w.t aja yg maha tau. krn banyak di zaman ini org islam kt sendiri menjual ilmu padahal ilmu tsbt dimintanya kepada Allah s.w.t sementara Allah s.w.t tidak pernah minta bayaran apapun dr peminta ilmu, kalau seandainya gak mampu dan belum sanggup atau tdk mampu membuktikanya jgnlah menjual2 dan mwmbawa nama2 Allah segala. sy sendiri pengagum ilmunya Allah s.w.t tp sampai skrg belum pernah dan belum ketemu siapa orgnya, klu ada insya Allah sy tdk takut utk membayar maharnya. tapi coba buktikan dulu baru saya percaya. saudara2ku diseluruh antero indonesia berhati2lah, cuku krn di jaman skrg ini banyak org yg menjual nama Allah s.w.t, dan membawa2 nama nabi besar dan yg termulia nabi MUHAMMAD s.a.w, padahal manusia itu tdk sesuai dgn keinginan Allah s.w.t, Kata imam AL GHAZALI ra “di zaman skrg ini tdk ada manusia yg IKHLAS’ (titik…) kecua di jaman Rosululloh s.a.w. krn org skrg kan takut lapar dan takut gak punya uang. dan sy sendiri ingin mencoba (ingat ingin mencoba) untuk berbuat Ikhlas. Jikalau, seandainya, apabila ALLAH S.W.T memberikan Hidayah, rahmad, hidayahnya tentang Ilmunya sedikit sj ke pada saya, demi Allah yg menciptakan segala sesuatu dan drmi Allah yg menciptan dan mencabut, akan sy berikan dng cuma2, gratis, dan tdk pakai uang sepeserpun ilmu apapun yg diberi Allah tsbt kepada seluruh umat ISLAM di jagat raya Bumi milik Allah s.w.tm doakan saja saudaramu yg Fakir berhasil, bila berhasil akan kusampaikan pd seluruh kaum muslimin dan muslimat.


  51. assalamualaikum wr.wb
    saya syaiful haq dari dari kadur pamekasan , ingin mengikuti program anda, tapi saya hanya mempunyai waktu pada bulan puasa, di karnakan dengan aktivitas pondok , karna saya mondok di pp. miftahul ulum bettet pamekasan, kami hanya libur selama 2 bulan, apakah saya tetap bisa mengikuti program ini di bulan puasa ?. bicara tentang banyaknya orang yang berminat akan hal itu, apakah nanti kami kan mengantri ?? dan apakah antriannya lama ?. dan seandainya saya bermukim di sana selama 2 bulan, apakah disana ada untuk tempat kita bermukim ?, dan bicara tentang mahar apakah mahar yang disebutkan dalam internet itu plus uang makan selama peserta tinggal disana atau hanya mahar untuk prakteknya saja ?, dan tolong beri kami kejelasan tentang biaya itu, seandainya saya berdiam disana selama 2 bulan, biaya yang harus saya siapakan keseluruhannya, termasuk uang tempat, dan makannya , dengan memilih mahar yang paling mhal itu (1.500.000) berapa ?. agar kami bisa bersiap-siap dari sekarang. tolong kirimkan informasinya melaui fb saya ini & di nomor Hp saya (081 939 331 658).
    terima kasih banyak.
    wassalamualikum wr. wb


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: